Rabu, 24 Oktober 2012

pemula 1-5


Pola Kalimat
- 싶다 (ingin)
Menyatakan keinginan
사과를 어요 (Ingin makan apel)
- 싶지 않다 (tidak ingin)
Menyatakan ke-tidak ingin-an
만나 싶지 아요 (Tidak ingin bertemu)
- 싶어 하다 (ingin melakukan)
Menyatakan keinginan untuk melakukan sesuatu
집에 십어해 (Ingin pergi [pulang] ke rumah)
- 싶어 하지 않다 (tidak ingin melakukan)
Menyatakan ke-tidak ingin-an untuk melakukan sesuatu
라면을 싶지 아요 (Tidak ingin makan ramen)
-(//) 보다
Meminta seseorang untuk mencoba melakukan sesuatu
구두를 세요 (Silakan mencoba sepatu ini)
전화 세요 (Silakan menelepon)
Mengungkapkan pengalaman
저는 인도네시아에 어요 (Saya pernah pergi ke Indonesia)
-(//) 보이다 (terlihat; kelihatan; nampak)
우시 예요 (Pakaian ini terlihat kecil)
한국음식이 맛있 예요 (Makanan Korea terlihat enak)
-(/같이 atau 하고 같이 (bersama; dengan)
친구 같이 영행했어요 (Pergi bertamasya bersama teman)
선생님 같이 의논했어요 (Berdiskusi dengan guru)
남동생 하고 같이 살아요 (Tinggal bersama adik laki-laki saya)
-(//) 주다  atau  -(//) 드리다 (melakukan sesuatu untuk orang lain)
이갓을 세요 (Tolong bacakan ini)
내가 게요 (Saya akan membantumu)
내가 드리겠어요 (Saya akan membantumu)
* menggunakan드리다 lebih sopan daripada주다
-()시다 atau -()십시오 atau -
Menyatakan ajakan. -()시다 bentuk informal, -()십시오 bentuk formal, dan - bentuk sederhana
십시오 (Silakan datang)
으십시오 (Silakan baca)
빨리 갑시다 (Ayo cepat pergi)
오늘 만나 (Ayo bertemu hari ini)
-() 거이다 (akan)
Mengungkapkan rencana yang akan dilakukan atas keinginan sendiri
저는 내일 이사를 예요 (Saya besok akan pindah)
지금 점심 예요 (Saya akan makan sekarang)
-() 게요 (akan melakukan)
Mengungkapkan rencana yang akan dilakukan berdasarkan pertimbangan dari orang lain
제가 게요 (Saya akan melakukannya)
제가 게요 (Saya akan makan)
-() 까요 (akankah; mungkinkah)
Menyatakan kemungkinan yang akan terjadi
우리 거기에서 까요? (Akankah kita bertemu di sana?)
-() 있다 (bisa melakukan)
어요 (Bisa pergi)
었어요 (Bisa bertemu)
-() 없다 (tidak bisa melakukan)
었어요 (Tidak bisa makan)
-()려고 하다 (berencana untuk melakukan )
불고기를 으려고 (Saya berencana makan bulgogi)
- 알다 (tahu cara untuk melakukan)
피아노를 아요 (Tahu cara bermain piano)
- 모르다 (tidak tahu cara untuk melakukan)
피아노를 몰라 (Tidak tahu cara bermain piano)
- 말다 (jangan melakukan)
Menyatakan larangan
제발 지마 (Tolong jangan menangis)
만나 시다 (Ayo jangan bertemu)
-- (akan)
요즘 많이 바쁘어요 (Saya kira akan sangat sibuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar