Rabu, 24 Oktober 2012

pemula 1-3


Kalimat Tanya
Impolite
Menggunakan akhiran -// (dengan menaikkan nada bicara) atau menggunakan akhiran - (untuk bertanya pada orang yang lebih dihormati)
밥을 먹었? (Sudah makan nasi?)
어디 ? (Pergi ke mana?)
Informal Polite
Menggunakan akhiran -(//) (dengan menaikkan nada bicara)
학교에 가요? (Pergi ke sekolah?)
Formal Polite
Menggunakan akhiran -ㅂ니까 bila kata berakhiran vokal dan -습니까 bila kata berakhiran konsonan
갑니까? (Pergi?)
먹습니까? (Makan?)
Kalimat Bentuk Lampau
Menggunakan pra akhiran -(//)- dan akhiran - pada kalimat impolite, akhiran -어요 pada kalimat informal polite, dan akhiran -습니다 pada kalimat formal polite.
오다: + + -> (sudah datang)
먹다: + + 어요 -> 어요 (sudah makan)
노래하다: 노래하 + + 습니다 -> 노래습나다 (sudah bernyanyi)
Partikel
-: di; ke; pada
도서관 가요. (Pergi ke perpustakaan)
한시 만나요. (Bertemu pada jam 1)
-에서: di; dari (asal)
인도네시아에서 왔어요. (Datang dari Indonesia)
-: juga
먹고 싶어요. (Saya juga ingin makan)
-보다: lebih… daripada…
한국말이 영어보다 어려워요. (Bahasa Korea lebih sulit daripada Bahasa Inggris)
: lebih…
한국말이 어려워요. (Bahasa Korea lebih sulit)
제일 atau 가장: paling
사람은 제일 예뻐요. (Dia yang paling cantik)
이게 가장 작은 연필이에요. (Ini pensil yang paling pendek)
-부터: dari; sejak; mulai (titik awal)
여기부터 읽으세요. (Silakan baca dari sini)
-까지: sampai; hingga (titik akhir)
어디까지 갔어요? (Pergi sampai mana?)
-한테: untuk (orang)
친구한테 주었습니다. (Saya memberikan itu untuk teman saya)
-한테서: dari (orang)
어머니한테서 들었습니다. (Saya mendengar dari ibu saya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar